Penyebab Penyakit Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara.Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Sering kita mendengar pribahasa yang mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, kini saatnya Anda mengetahui tanda-tanda awal ketika akan terserang penyakit ini dan ciri-cirinya:

- Bentuk puting berubah, misalnya puting masuk kedalam atau terasa sakit terus menerus, mengeluarkan cairan atau darah (tapi bukan air susu)
- Terasa sangat gatal di area sekitar puting
- Apabila ada luka di daerah payudara, sangat sukar sekali sembuh
- Payudara memerah, bengkak dan terasa panas
- Payudara terasa sakit atau nyeri (walaupun akan mengalami haid terkadang payudara akan terasa sakit, namun kita tetap harus waspada)
- Ada benjolan-benjolan kecil di area payudara
- Kulit payudara mengalami perubahan seperti berkerut, seperti kulit jeruk
- Ada benjolan yang keras dan tidak bergerak (terfiksassi), biasanya pada awalnya tidak terasa sakit. Benjolan tersebut biasanya berawal pada 1 payudara

Apabila Anda mengalami tanda-tanda yang disebutkan diatas, segeralah pergi ke dokter untuk mendiagnosa benar/tidaknya Anda terserang kanker payudara (apabila tidak, bersyukurlah kepada Tuhan yang masih memberikan kesehatan kepad Anda)
Penderita kanker payudara biasanya memiliki penyebab yang tidak pasti, berikut beberapa ciri dari orang yang mengidap penyakit kanker payudara:

1. Mendapatkan terapi hormonal dalam jangka panjang
2. Stress
3. Punya riwayat tumor
4. Umur diatas 30 tahun (sekarang, dibawah 20 tahun juga sudah ditemukan kanker payudara)
5. Riwayat dalam keluarga ada yang menderita kanker payudara ( sekarang ini juga tidak mutlak karena tanpa ada riwayat keluarga juga bisa terkena )
6. Sering terkena radiasi ( Bisa dari sering melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan alat X-ray )
7. Pola makan dengan konsumsi lemak berlebihan
8. Kegemukan
9. Konsumsi alcohol berlebihan
10. Haid terlalu muda atau menopause diatas umur 50 tahun
11. Tidak menikah / tidak menyusui
12. Melahirkan anak petama diatas usia 35 tahun
13. Faktor genetik

Mudah-mudahan dengan mengetahui gejala awal dan ciri-ciri darp penyakit kanker payudara ini dapat membangkitkan semangat kita untuk hidup sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Penyakit Kanker Payudara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...