Shalat Jum'at Belum Masuk Waktu Dzuhur

Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam rahimahullah berkata :


Para ulama’ bersepakat bahwa akhir waktu shalat jum’at adalah selesainya waktu shalat dzuhur, yaitu dengan masuknya waktu shalat ashar.


Mereka berselisih pendapat tentang awal waktunya : Imam yang tiga (Abu Hanifah, Malik dan Syafi’i) berpendapat : Bahwa waktunya dimulai ketika matahari tergelincir ke barat, seperti waktu shalat dzuhur. Mereka berdalil dengan hadits riwayat Bukhari (904) dari Anas, dia berkata : “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat jum’at ketika matahari sudah bergeser (condong) ke barat.”



Dalam pendapat yang masyhur dari beliau, Imam Ahmad berpendapat : bahwa waktunya dimulai dengan mulai masuknya shalat i’ed. Beliau berdalil dengan hadits riwayat Muslim (858), dari Jabir : “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dulu shalat jum’at, lalu kami pergi menuju onta kami, dan kami mengistirahatkannya ketika matahari bergeser ke barat.”



Namun mayoritas ulama’ melakukan ta’wil yang jauh pada hadits diatas serta hadits semisalnya.

Hadits Anas riwayat Bukhari tidak menafikan hadits Jabir riwayat Muslim. Karena beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang shalat jum’at sebelum matahari bergeser ke barat dan terkadang setelahnya.


Yang lebih afdhal adalah shalat jum’at setelah matahari bergesar ke barat, karena inilah yang sering dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam serta waktu yang disepakati oleh kaum muslimin. Berkumpul bersama-sama dan tidak berpecah belah lebih utama dan lebih baik. Wallahul Muwaffiq.

Syarat sah jum'at:
1. Melaksanakan dua khutbah berikut syarat-syarat khubah sebelum sholat jum'at

2. Sholat jum'at dilaksanakan dengan berjama'ah walaupun hanya dalam roka'at pertama,dan wajib niat berjama'ah ketika takbirotul ihrom termasuk harus dilakukan juga oleh imam. 

3. Sholat jum'at dan dua khutbah harus dalam waktu dzuhur,maka tidak sah jika dikerjakan sebelum masuk waktu dzuhur.

4. Hanya boleh ada satu jum'at pada tiap satu balad kecuali ada udzur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Shalat Jum'at Belum Masuk Waktu Dzuhur "

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...