Makhluk Ghaib itu Sebenarnya Ada Atau Tidak?

Pertanyaan:
apakah kita harus percaya dengan keberadaan hantu (setan) dan apakah setiap orang akan melihat penampakannya
terima kasih

Jawaban:
Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Sebenarnya hantu itu memang ada, terbukti secara ilmiyah dan juga secara syariah. Begitu banyak fenomena yang dengan mudah bisa membuktian bahwa alam ghaib itu memang ada.

Salah satunya adalah fenomena orang kerusupan. Kalau sekedar seseorang meracau, mungkin masih bisa dijelaskan secara ilmiyah. Tapi kalau sudah sampai punya tenaga yang luar biasa, atau berbicara tentang hal-hal yang tidak mungkin diketahui sebelumnya, atau bisa mengilang, terbang dan lainnya, sulit bagi ilmu pengetahuan modern untuk memberikan keterangan ilmiyahnya.

Semua itu hanya bisa dijelaskan dengan adanya alam ghaib, makhluk ghaib dan juga hal-hal ghaib lainnya.

Sedangkan secara syar`i, Al-Quran Al-Kariem sejak ayat-ayat pertama sudah membicarakan masalah keghaiban. Silahkan anda buka surat Al-Baqarah pada 3 ayat pertama.

Alif Laam Miim. Kitab ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. (QS. Al-Baqarah : 1,2,3)

Penampakan hanya salah satu fenomena dunia ghaib saja, masih banyak kemampuan dunia ghaib lainnya yang sukar dijelaskan secara ilmiyah. Sebagai orang beriman, kita cukup mengetahui adanya dunia ghaib. Namun kita diharamkan untuk takut dan menuruti kemauan makhluk-makhluk ghaib itu. Kita hanya boleh taat, patuh dan tunduk kepada Allah SWT.

Apalagi mengingat bahwa manusia itu diciptakan sebagai makhluk yang paling tinggi derajatnya. Sehingga bukan pada tempatnya untuk takut dan dipengaruhi makhluk yang kelasnya lebih rendah. Dalam hal ini Allah SWT telah berfirman :

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (QS. At-Tin : 4)

Wallahu a`lam Bish-shawab

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makhluk Ghaib itu Sebenarnya Ada Atau Tidak?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...