Disarankan Membaca Al Kafirun Sehabis Sholat

Pertanyaan:
assalamu'alaikum wr wb,pak ustadz..
baru-baru ini ada yang menyarankan saya untuk membaca surat Al Kafirun tiap habis sholat dengan tujuan supaya dimudahkan dalam suatu urusan,ini hukumnya bagaimana?adakah keutamaan surat tersebut dari yang lain?sebagai tambahan,seseorang yang menyarankan ini adalah orang yang sering mendoakan orang dan mampu melihat dari jauh..
mohon penjelasannya dan terima kasih..
wassalamu'alaikum wr wb

Jawaban:
Assalamu 'alaikum wr. wb.
Terkait dengan pertanyaan Anda di atas, tidak ada satu nashpun yang secara tegas menerangkan hal tersebut. Namun demikian, bukan berarti surat al-Kafirun tidak memiliki keutamaan. Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah saw. sering membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas dalam salat sunat dua rakaat sebelum fajar dan dua rakaat sesudah magrib.

Selain itu, dalam hadis dinyatakan bahwa ia setara dengan seperempat Alquran. Serta, Rasulullah menyarankan untuk membacanya sebelum tidur agar terbebas dari perbuatan syirik (Lihat tafsir Ibn Katsir).

Semua ini menegaskan kepada kita bahwa surat al-Kafirun memiliki kedudukan istimewa. Hanya saja, kita tidak boleh hanya mencukupkan diri dengan membaca surat tersebut. Sebab, seluruh ayat dan surat Alquran pada hakikatnya merupakan “Obat bagi hati manusia.” (Yunus: 57).

Wallahu a'lam bi ash-shawab. Wassalamu alaikum wr. wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disarankan Membaca Al Kafirun Sehabis Sholat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...