Hindari Rokok Di Usia Muda Menjauhkan dari Kanker Payudara

Merokok adalah salah satu perbuatan yang merugikan kesehatan anda hal ini semua orang sudah tahu akan tetapi, walaupun demikian rokok juga tidak bisa dilepaskan untuk menghindarinya disebabkan rokok mengandung rasa candu kepada pelakunya yang lebih membahayakan lagi rokok bukan saja para pria yang mengisapnya wanita pun banyak yang merokok. Lalu apa saja yang membahayakan bagi wanita yang suka merokok? ikuti terus artikel yang niotolovo blog's berikan pada kesempatan kali ini!

Para peneliti di American Cancer Society telah menemukan bukti bahwa risiko kanker payudara meningkat pada wanita perokok, terutama pada mereka yang mulai merokok di usia muda. Selama bertahun-tahun, para ahli mempertanyakan apakah merokok secara langsung terkait dengan risiko kanker payudara atau apakah ada hubungan antara kebiasaan perempuan merokok dan minum alkohol dengan kanker payudara.

Rokok dan alkohol telah lama dicurigai dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita, beberapa penelitian terdahulu juga mengungkapkan hal yang sama.

Studi tersebut diterbitkan secara online pada 28 Februari 2013 dalam Journal of National Cancer Institute, para peneliti menganalisis data dari 73.388 wanita di American Cancer Society Cancer Prevention Study II (CPS-II).

Selama lebih dari 13 tahun, para peneliti menghitung 3.721 kasus kanker payudara invasif. Dimana tingkat kasus baru adalah 24% lebih tinggi pada wanita perokok daripada bukan perokok dan 13% lebih tinggi pada mantan perokok daripada yang bukan perokok.

Dan ketika para peneliti mengamati hubungan kanker payudara dengan alkohol, mereka menemukan fakta bahwa risiko wanita perokok mengidap kanker payudara hanya meningkat pada peminum dan mantan peminum alkohol, dan tidak terlihat peningkatan risiko pada mereka yang tidak pernah minum.

Risiko Kanker Payudara Meningkat Lebih Besar Jika Wanita Mulai Merokok di Usia Muda
Risiko kanker payudara invasif tertinggi terjadi pada wanita yang mulai merokok pada usia dini. Bila dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok, mereka yang mulai merokok sebelum siklus menstruasi pertama mereka memiliki risiko 61% lebih tinggi, sementara mereka yang mulai merokok setelah siklus pertama mereka, tetapi melakukannya pada 11 tahun atau lebih sebelum mereka memiliki anak, memiliki risiko 45% lebih tinggi.

Para peneliti juga mengatakan bahwa riset mereka didukung oleh temuan studi kohort sebelumnya. Ketika menggabungkan hasil dari 9 studi (termasuk studi ini), mereka menemukan adanya peningkatan sebanyak 12% risiko kanker payudara di kalangan wanita yang mulai merokok pada usia muda, dan peningkatan 21% risiko pada wanita yang mulai merokok sebelum melahirkan anak pertamanya.

Mia Gaudet, PhD, direktur American Cancer Society of Epidemiologi Genetik, mengatakan bahwa jaringan payudara wanita belum sepenuhnya berkembang sampai setelah dia melahirkan anak pertamanya, hal tersebut membuatnya lebih sensitif terhadap efek berbahaya dari tembakau.

“Studi ini harus menjadi perhatian semua wanita untuk tidak merokok,” ujar Gaudet. Seorang wanita yang mengawali kegiatan merokok sebelum melahirkan pertama akan berisiko 21 persen terkena kanker payudara bila dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok.

Studi yang dipimpin oleh Gaudet ini mendapat pujian dari ahli kanker lainnya. ”Studi ini merupakan langkah penting menuju kesimpulan bahwa merokok adalah salah satu faktor risiko kanker payudara pada wanita,” ujar James Lacey, seorang profesor etiologi kanker di City of Hope Comprehensive Cancer Center di Duarte, California. James Lacey tidak terlibat dalam studi gaudet tersebut.

Demikian untuk artikel kami pada kesempatan ini jangan lewatkan membaca artikel sebelumnya Penyebab Penyakit Kanker Payudara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari Rokok Di Usia Muda Menjauhkan dari Kanker Payudara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...