Pengobatan Alternatif

Pengobatan Alternatif
Pertanyaan:
assalamualaikum;
pa ust, begini saya memiliki penyakit gatal yang tidak sembuh2 sekitar tbuh dan muka saya saya sudah pergi ke bermacam-macam dokter di indonesia bahkan di jepang tapi, belum juga sembuh penyakit saya sudah berlangsung 7 tahun lamanya, saya berencana ingin pergi ke pengobatan alternatif atau orang yg bisa mendoakan penyakit saya. Apakah boleh saya lakukan ini ditinjau dari syariat Islam?

Jawaban:
Assalamu alaikum wr. Wb.
Semoga Allah memberikan kesabaran kepada saudara dalam menghadapi penyakit yang saudara derita. Perlu diketahui bahwa setiap penyakit ada obatnya. Demikian sabda Nabi saw. Karena itu, upaya untuk mencari obat dan kesembuhan sangat dianjurkan dalam Islam. Terkait dengan pertanyaan saudara, pengobatan alternatif boleh dilakukan dengan syarat:
1. Tidak meminta tolong kepada jin.
2. Tidak membaca atau mengucap doa yang mengandung kemusyrikan (meminta kepada selain Allah).
3. Cara dan sarana yang dipakai tidak melanggar batasan syariat Islam.
4. Meyakini bahwa yang memberikan kesembuhan adalah Allah semata.
Wallahu a’lam bi al-shawab.
Wassalamu alaikum wr. Wb. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengobatan Alternatif"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...