Berkat Google Brain, YouTube Bisa Merekomendasikan Video Seperti Ini untuk Anda

Berkat Google Brain, YouTube Bisa Merekomendasikan Video Seperti Ini untuk Anda

MEDSOS - Anda mungkin saja salah satu orang yang suka mendengarkan lagu-lagu dari youtube. Memang dari dulu sejak dibuat tahun 2005 youtube sudah menjadi favorit banyak orang termasuk admin sendiri. Salah satu situs web untuk berbagi video selain itu kita bisa mengunggah, menonton, dan berbagi video kita. 

Mengunggah, menonton, dan berbagi video tentunya tidak berbayar alias gratis, layanan pemutar video ini juga memiliki daftar putar alias playlist yang menarik. YouTube sepertinya tahu sekali dengan selera penggunanya. Aplikasi ini bisa menyarankan video-video sesuai dengan minat dan mood penggunanya.

Seperti disebutkan YouTube, hal itu bisa dilakukan berkat adanya proses pembelajaran dalam sistem yang digunakan YouTube. Dengan machine learning alias sistem mesin pembelajaran tersebut, video-video yang direkomendasikan YouTube jadi lebih relevan untuk masing-masing penggunanya.


Machine learning tersebut dikendalikan oleh sebuah divisi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bernama Google Brain. Divisi tersebut mulai beroperasi untuk YouTube pada 2015. Google Brain akan mempelajari kebiasaan penggunanya, lalu akan merancang algoritma yang tepat untuk menemukan hubungan antara input-input yang bermacam-macam.

Berkat Google Brain, YouTube Bisa Merekomendasikan Video Seperti Ini untuk Anda

Google Brain juga memiliki kemampuan untuk menggeneralisasi. Misalnya, saat kita menonton sebuah video musik, YouTube akan merekomendasikan video serupa. Dengan bantuan Google Brain, rekomendasi video-video untuk kita akan lebih tepat, sesuai dengan jenis musik atau musisi yang kita sukai.


Tak heran jika kepintaran YouTube ini membuat seseorang lebih lama menggunakan aplikasi tersebut. Tercatat dalam 3 tahun terakhir, orang akan menonton konten video yang ditampilkan melalui rekomendasi YouTube di beranda selama 20 kali lipat lebih lama daripada sebelumnya.

Selain itu, lebih dari 70% waktu menonton di YouTube dihasilkan dari rekomendasi otomatis. Sedangkan dalam sehari, YouTube merekomendasi 200 juta video di halaman berandanya selama miliaran kali, dalam 76 bahasa!

Sumber teen.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkat Google Brain, YouTube Bisa Merekomendasikan Video Seperti Ini untuk Anda"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...