Tempat Paling Indah di Jogja di Malam Hari

Kota Yogyakarta adalah salah satu kota terbesar yang ada di pulau jawa dan sebutannya biasa di sebut Jogja dan salah satu kota tempat kedudukan bagi Sultan Yogyakarta dan Adipati Pakualam. Pernahkah anda mengisi waktu libur di kota Jogja? Berlibur di kota ini sunggu mengasikan apalagi bila anda jalan-jalan pada malam hari. Jogja juga punya wisata malam yang menarik untuk dikunjungi. Tidak ada salahnya mencoba wisata malam yang terkenal keindahannya. Selain indah, wisata malam Jogja  juga kental dengan nilai-nilai sejarah dan budaya. Daripada hanya tidur-tiduran mending jalan-jalan menghabiskan malam bersama keindahan kota Gudeg ini. Dimana saja wisata malam di Yogyakarta?

1.Alun Alun Kidul
Alun-alun kidul atau yang sering disebut “alkid” ini memang terkenal ramai jika malam hari, apalagi malam minggu. Lokasinya masih di kompleks bangunan Keraton Yogyakarta, lebih tepatnya terletak di sebelah selatannya. Di alun-alun kidul terdapat satu tradisi unik, namanya masangin. Masangin adalah berjalan melewati dua pohon beringin yang ada di tengah-tengah alun-alun dengan mata tertutup. Konon bagi yang dapat melewati jalan diantara dua pohon beringin besar itu, akan mendapat rezeki atau keinginannya bisa terwujud.

Sambil bersantai menikmati langit malam jogja, kamu bisa sambil menikmati minuman hangat seperti wedang ronde. Disana kamu akan banyak menemui penjual wedang ronde, roti bakar, jagung bakar dan aneka jajanan lain. Selain itu, di Alkid juga ada aktifitas favorit yaitu mengelilingi alkid dengan sepeda hias. Seru bukan?

2.Alun alun utara
Selain Alkid, ada juga alun alun utara atau yang sering disebut dengan alun-alun lor. Alun-alun Utara sebenarnya adalah lapangan terbuka yang terletak di bagian utara Keraton Yogyakarta. Di tengah-tengahnya terdapat sepasang pohon beringin yang diberi pagar. Pada zaman dulu, selain Sultan hanyalah Pepatih Dalem yang boleh berjalan di antara dua pohon beringin yang dipagari ini. Pejabat rendah apalagi rakyat tidak diperbolehkan melewatinya dan harus berjalan memutar.

Hingga sekarang Alun-alun Utara masih menjadi tempat untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan budaya. Nah, paling favorit adalah sekaten. Biasanya saat malam hari, sekaten akan ramai pengunjung. Pengunjungnya tidak hanya masyarakat Jogja saja, tapi luar kota pun ikut meramaikan sekaten. Bahkan tidak jarang ada turis asing yang ikut blusukan di sekaten. :D

3.Malioboro
Kata orang, belum ke Jogja namanya kalau belum ke malioboro. Kamu bisa menikmati asiknya sensasi berbelanja di malam hari.  Jangan khawatir karena toko-toko bahkan penjual dipinggiran toko masih buka saat malam datang.
Saat malam,  akan ada banyak warung-warung makan lesehan apalagi di sebelah utara. Warung-warung tersebut punya menu andalannya masing-masing seperti burung dara goreng, pecel lele hingga nasi gudeg. Sambil berbelanja atau makan kamu akan dihibur oleh segerombolan musisi jalanan dengan tembang-tembang lawas hingga modern.

4.Tugu Jogja
Tugu jogja merupakan salah satu landmark kota ini. Bangunan ini berdiri jantung kota Jogja yaitu persis di tengah perempatan antara Jl. Mangkubumi, Jl. Jend. Sudirman, Jl. AM. Sangaji, dan Jl. Diponegoro. Bangunan tugu sempat beberapa kali direnovasi. Bentuk bangunannya adalah persegi dengan puncak ketucut dan runcing.

Belum lengkap rasanya kalau ke Jogja tapi belum foto di Tugu Jogja. Biasanya saat malam akan banyak pengunjung yang berfoto-foto. Pemandangan tugu saat malam memang punya daya tarik tersendiri makanya wajar jika tempat ini ramai saat malam hari.

5.Taman Pelangi
Lampion tidak hanya ada saat perayaan imlek saja. Di Monumen Jogja Kembali (Monjali) kamu bisa menikmati gemerlap berbagai jenis lampion. Ada ratusan lampion dengan bentuk yang beraneka ragam. Di pintu masuk sebelah timur, pengunjung akan disambut dengan lampion besar seperti gerbang berwarna pelangi. Ada juga lampion berbentuk Tugu Jogja, kereta kuda, tokoh kartun, aneka benda antik, binatang bawah laut, aneka bunga, binatang darat, tokoh pewayangan dan replika keajaiban dunia.

Disana, disajikan juga 10 wahana permainan, seperti Bom Bom Car, Euro Bungee, Trampolin, ATV, Battery Car, Junior Jet, Becak Mini, Fun Bike, Helicak, Bumper Boat, Perahu Dayung, Bola Air, Studio 4 Dimensi, Biliar, Rumah Balon, Safari Train dan Bazar Game. Bagi pengunjung yang datang hanya untuk melihat lihat, Taman lampionj juga menyediakan permainan gratis. Permainan gratis itu antaralain Catur, Monopoli Dunia, Dakon, Halma, Uno, Scrable dan Karambol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Paling Indah di Jogja di Malam Hari"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...