Keindahan Stadion Vivaldo Lima (Arena Amazonia)

Niotolovo - Estadio Vivaldo Lima mulanya didirikan pada 1958 dan kemudian dipugar kembali 12 tahun kemudian, pada 1970 silam. Stadion Vivaldo Lima terpilih sebagai salah satu tempat untuk menggelar laga Piala Dunia 2014 pada 31 Mei. Stadion yang ada dinilai tak memenuhi standar internasionaoll FIFA.

Sejak itulah stadion Vivaldo dirobohkan dan kemudian 19 Maret 2010 dibangun kembali untuk menyesuaikan dengan level stadion internasional. Stadion baru itu kemudian diberi nama Arena Amazonia dengan kapasitas 47.000 orang. 

Pembangunan stadion baru bernama Arena Amazonia ditargetkan selesai November 2012. Pada Juni 2013 lalu, Arena Amazonia sempat dipakai untuk menggelar laga sepakbola bertaraf internasional Piala Konfederasi yang diikuti oleh peserta para jawara zona antarbenua.

Arena Amazonia yang dirancang arsitek Severiano Mario Porto itu tidak hanya mempunyai lapangan hijau untuk laga sepakbola berkelas internasional, tapi juga diperlengkapi dengan berbagai fasilitas modern untuk aktivitas olahraga dan rekreasi. Di Arena Amazonia juga tersedia mal untuk keperluan belanja para pengunjungnya.

Stadion Megah di Jantung Hutan Amazon
Arena Amazonia dibangun di Kota Manaus. Keberadaan stadion yang amat megah ini menjadi kebanggaan Manaus. Bisa dikatakan, Arena Amazonia yang dulu lebih dikenal dengan nama Stadion Vivaldo Lima itu kini telah berubah menjadi ikon bagi Kota Manaus.

Kota Manaus berada di jantung hutan hujan Amazon. Di sinilah hujan tropis terbesar di dunia terjadi. Karena itulah, pembangunan stadion disesuaikan dengan kondisi cuaca di Manaus. Stadion dibangun tertutup oleh struktur logam yang dirancang seperti bentuk keranjang jerami.

Atap stadion dirancang khusus untuk bisa menampung air hujan yang akan dimanfaatkan kembali untuk keperluan kebutuhan air di area stadion. Tak hanya air hujan. Berlimpahnya sinar Matahari pun dimanfaatkan perancang stadion untuk keperluan tenaga listrik. Suhu di dalam stadion dapat disetel dengan menggunakan sistem eletronik berenergi surya.

Fasilitas yang ditawarkan bagi para tamu yang akan datang menyaksikan gelaran akbar sejagad Piala Dunia 2014 itu antara lain: restoran, parkir bawah tanah, terminal bus, dan jasa transportasi monorel.

Review:
Lokasi: Kota Manaus
Kapasitas: 42.374 supporter
Markas Klub: Nacional FC, Fast Club dan Rio Negro
Pertandingan yang digelar:
14 Juni 2014 Inggris v Italia - Grup D
18 Juni 2014 Kamerun v Kroasia - Grup A
22 Juni 2014 USA v Portugal - Grup G   
25 Juni 2014 Honduras v  Swiss - Grup E

Sumber: m.liputan6.com

Selanjutnya untuk Stadion Arena das Dunas baca selengkapnya di sini!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Stadion Vivaldo Lima (Arena Amazonia)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...