Bahaya Alkohol Dehidrogenase Buat Kesehatan Payudara

Alkohol adalah salah satu minuman yang dapat membuat kesadaran dan perbuatan manusia itu bertingkah aneh sampai batas tertentu olehnya itu lebih baik hidup sehat tanpa adanya alkohol. Minuman alkohol bukan saja para pria yang suka meminumnya wanita pun tak jarang sebetulnya minuman alkohol sangat buat wanita apa bahanya bila wanita sering minum alkohol?

Pada tahun 2011 yang lalu, berdasarkan  perkiraan National Cancer Institute sekitar 230.480 perempuan didiagnosis menderita kanker payudara invasif. Meskipun risiko kanker payudara sering dikaitkan dengan faktor keturunan, hasil penelitian ternyata membuktikan bahwa faktor gaya hidup juga memiliki keterkaitan erat dengan kanker payudara, seperti olahraga, merokok dan alkohol.

Alkohol sebabkan kanker payudara
Untuk lebih memahami bagaimana penggunaan alkohol dapat menyebabkan  kanker payudara, para peneliti  mulai memeriksa kemungkinan peran enzim alkohol dehidrogenase pada lambung dalam mencegah potensi munculnya racun karsinogenik.

Alkohol Dehidrogenase
Alcohol dehydrogenase adalah enzim pencernaan yang dikeluarkan di dalam lapisan mukosa lambung, dan fungsinya adalah melakukan metabolisme terhadap minuman beralkohol, seperti anggur dan minuman keras. Menurut Dr Harvey E. Finkel dari Boston University Medical Center, perut wanita memiliki sekitar 60 persen alkohol dehidrogenase dibandingkan laki-laki, dan berkontribusi terhadap toleransi alkohol. Alkohol dehidrogenase bekerja dengan mengoksidasi etanol dan mengubahnya menjadi zat yang dapat dimetabolisme dan dicerna oleh tubuh.

Kanker Payudara
Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum  mempengaruhi perempuan-perempuan di Amerika Serikat, dan menurut National Cancer Institute, sekitar 39.520 perempuan Amerika diperkirakan menderita kanker payudara pada tahun 2011. Beberapa faktor disebut sebagai penyebab kanker payudara seperti risiko genetik atau keturunan dan faktor gaya hidup yang mempengaruhi berkembangnya kanker payudara, riwayat reproduksi, terapi penggantian hormon, obesitas, aktivitas kardiovaskular dan penggunaan alkohol.

Kanker Payudara dan Alkohol
Minum alkohol disebut sebagai penyebab peningkatan risiko kanker payudara, dan menurut National Cancer Institute, risiko tersebut berbanding lurus dengan jumlah alkohol yang dikonsumsi setiap harinya. Laporan dari The American Cancer Society menambahkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 2-5 minuman beralkohol setiap hari memiliki risiko 1,5 kali lebih besar ketimbang wanita yang tidak mengonsumsi alkohol. Tetapi meskipun konsumsi alkohol telah jelas dikaitkan dengan meningkatnya risiko kanker payudara, sampai saat ini bagaimana proses dan mekanisme peningkatan tersebut masih belum diketahui jelas.

Kanker Payudara dan Dehidrogenase Alkohol
Alkohol dehidrogenase mungkin memainkan peran yang penting dalam hubungan antara konsumsi alkohol dengan kanker payudara. Secara khusus, karena alkohol dehidrogenase bekerja memecah etanol beracun dalam minuman beralkohol, enzim dapat berfungsi sebagai faktor protektif terhadap perkembangan kanker. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Juni 2003 di Cancer Research menemukan bukti kuat yang menunjukkan bahwa ekspresi bentuk tertentu alkohol dehidrogenase  secara signifikan mengurangi risiko kanker payudara invasif.

Demikian pula, pada bulan Maret 2007 studi di Alkoholisme: Clinical and Experimental Research menyelidiki apakah strain tertentu dari enzim dehidrogenase alkohol bisa berfungsi sebagai faktor protektif terhadap kanker payudara. Namun, sementara peneliti mengamati hubungan antara konsumsi alkohol dan kanker payudara, studi mereka tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa enzim dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah.

Demikian untuk artikel kami pada kesempatan ini jangan lewatkan membaca artikel sebelumnya Mencegah Kanker Payudara dengan Sering Meremasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Alkohol Dehidrogenase Buat Kesehatan Payudara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...