Es Teh Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Es teh merupakan minuman paling digemari oleh orang di Indonesia bahkan dunia. Umumnya memang teh dikonsumsi dengan air panas. Minuman asal negeri China ini menjadi popular dan sangat disuaki oleh banyak orang karena rasanya yang nikmat dan juga memberikan ketenangan dalam berpikir. Di Indonesia sendiri teh di konsumsi dalam keadaan dingin dan bahkan menjadi minuman yang dikonsumsi oleh banyak orang setiap harinya. Selain itu banyak alasan untuk mengkonsumsi teh setiap harinya selain aroma dan rasanya yang nikmat juga harganya yang relative terjangkau. Apalagi di Indonesia saat ini teh telah banyak berbentuk dalam banyak kemasan siap minum.

Rasa nikmat yang ada pada aroma dan rasa teh ini ternyata juga memberikan dampak yang negative bagi kesehatan setiap orang. Pasalnya baru – baru ini suatu penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi es teh yang berebihan dapat memicu bahkan menyebabkan munculnya penyakit batu ginjal, apa lagi orang yang mudah di dalam tubuhnya terbentuk batu ginjal. Batu ginjal merupakan suatu yang berbentuk Kristal yang berukuran kecil yang terbentuk melalui mineral dan garam. Mineral memang umumnya bias keluar secara bersamaan melalui air seni namun dalam kondisi tertentu mineral tersebut dapat mengendap dan membentuk berupa Kristal yang disebut batu ginjal.

Para peneliti mengungkapkan bahwa resiko terjadinya pembentukan batu ginjal ini lebih besar ada pada pria dibandingkan dengan wanita. Untuk itu dalam kondisi dehidrasi setiap orang diminta untuk tidak mengkonsumsi es teh melainkan menggantinya dengan air putih, atau berupa jus lemon yang lebih memiliki kandungan vitamin yang baik. Selain itu lemon memiliki kandungan sitrat yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Es teh dianggap berbahaya karena memiliki atau mengandung Oksalat yang cukup tinggi. Oksalat ini merupakan jenis senyawa yang ketika konsumsinya berlebihan akan menyebabkan terbentuknya Kristal atau yang disebut batu ginjal dalam tubuh manusia. Untuk itu peneliti menyarankan agar konsumsi es teh ini dapat dikurangi sehingga dapat mengurangi resiko batu ginjal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Es Teh Dapat Menyebabkan Batu Ginjal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...