Kupas Tuntas Makanan dan Minuman Penderita Hipertensi

Niotolovo - Apakah Anda salah satu penderita darah tinggi atau hipertensi sehingga Anda sampai pada artikel yang diberikan niotolovo ini? Anda harus tahu jika penderita hipertensi kini telah menjadi masalah kesehatan di banyak negara. Peningkatan jumlah orang yang menderita hipertensi di negara-negara berkembang sebagian besar disebabkan kadar garam yang tinggi dalam makanan, obesitas, dan konsumsi alkohol oleh laki-laki.

Hipertensi yang tidak terkontrol merupakan faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung dan stroke. Meski begitu, tekanan darah tinggi sebenarnya adalah faktor risiko yang paling dapat dikontrol, antara lain dengan pengaturan pola makan. Konsumsi yodium yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 2.400 mikogram perhari atau sekitar 1-1,5 sendok garam beryodium.

Berikut adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda menderita hipertensi.
1. Daging merah
Pilihlah daging merah dalam porsi kecil, jika memungkinkan tanpa lemak. Makanan berlemak berakibat buruk pada jantung dan pembuluh darah. Hindari pula daging asap (bacon) atau pun sosis karena kandungan sodiumnya cukup tinggi.

2. Mi instan
Mi instan  kemasan atau dalam gelas, memang menjadi makanan penghilang lapar yang praktis dan rasanya enak. Tetapi satu kemasan mi instan bisa mengandung 14 gram lemak dan lebih dari 1.500 sodium.

3. Alkohol
Sering mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan tekanan darah. Alkohol juga akan merusak dinding pembuluh darah sehingga akibatnya sangat buruk.

4. Donat
Makanan "kecil" yang disukai banyak orang ini sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi atau orang yang ingin sehat. Dalam satu buah donat terkandung lebih dari 300 kalori dengan 42 persen lemak dan 54 persen karbohidrat. Donat yang digoreng juga akan membuatnya banyak mengandung lemak trans.

5. Sup kalengan
Rata-rata sup kalengan dan makanan kalengan lainnya ukuran kecil mengandung sekitar 760 mg sodium.

6. Daging asap
Tiga potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak Daging burung bisa menjadi alternatif ketimbang daging asap.

7. Acar
Makanan ini memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi, 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimumsodium perhari (2300 mg).

8. Susu
Merupakan sumber kalsium, tetapi tinggi lemak. Dalam segelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh tak baik bagi pengidap liver dan berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

9. Lalapan
Anda yang suka lalapan dan juga mempunyai penyakit hipertensi baiknya Anda sekarang mengurangi lalapan tersebut, tetapi hendaknya tidak semua lalapan dapat menyebabkan hipertensi, beberapa lalapan yang harus dihindari seperi: daun singkong, paria, pete, jengkol dan juga makanan sehari-hari lainnya yang mengandung garam cukup tinggi antara lain mi bakso, mi ayam, roti, pizza, keju, dan sebagainya.

Makanan yang cocok untuk penderita hipertensi
Namun tidak semua makanan tidak dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Umumnya makanan sehat untuk darah tinggi ini ialah makanan yang alami tetapi rendah akan lemak, hal ini disebabkan karena lemak akan mempengaruhi kolesterol dalam tubuh kita yang akan memicu tingginya tensi darah dalam tubuh kita tersebut. berikut uraiannya :

1. Bayam
Bayam merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Tidak hanya melindungi Anda dari penyakit jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah, maka bayam cocok untuk penderita penyakit darah tinggi. Selain itu, kandungan folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homosistein yang membuat bahan kimia berbahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat tinggi asam amino (homosistein) dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke

2. Ikan
Di antara semua produk hewan, ikan paling menyehatkan, tinggi protein dan rendah lemak. Kandungan asam lemak omega-3 membantu mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah, mengurangi peradangan dan mencegah tekanan darah tinggi. Minyak flaxseed, semisal minyak ikan. Kaya akan asam lemak omega-3 untuk mencegah plak pada pembuluh darah sehingga ikan ini salah satu tergolong makanan sehat untuk darah tinggi

3. Biji bunga matahari
Kandungan magnesiumnya sangat tinggi dan biji bunga matahari mengandung pitosterol, yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi merupakan pemicu tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Tapi, pastikan Anda mengonsumsi kuaci segar yang tidak diberi garam.

4. Jus seledri
Orang China sudah lama menggunakan jus seledri untuk tekanan darah tinggi. Minum jus seledri 2-3 gelas perhari dapat mencegah tekanan darah tinggi atau mengembalikan tekanan darah ke level normal. Sebagai tambahan, seledri juga bagus untuk orang dengan penyakit asam urat.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, almond, kacang merah mengandung magnesium dan potasium. Potasium dikenal cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Minyak Zaitun
Sejak lama digunakan dalam diet ala Mediterania dan menunjukkan manfaat terhadap lemak darah dan menurunkan tekanan dalam masakan maupun salad.

7. Pisang
Buah ini tidak hanya menawarkan rasa lezat tetapi juga membuat tekanan darah lebih sehat. Pisang mengandung kalium dan serat tinggi yang bermanfaat mencegah penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa satu pisang sehari cukup untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi.

8. Kedelai
Banyak sekali keuntungan mengonsumsi kacang kedelai bagi kesehatan Anda. Salah satunya dalah menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Kandungan isoflavonnya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

9. Ketimun
Buah berair banyak ini membantu hidrasi tubuh dan menurunkan tekanan pada pembuluh nadi. Makanlah dua buah timun setiap hari selama 2 minggu dan lihat hasilnya.

10. Kentang
Nutrisi dari kentang sering hilang karena cara memasaknya yang tidak sehat. Padahal kandungan mineral, serat dan potasium pada kentang sangat tinggi yang sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah.

11. Cuka apel
Selama puluhan tahun, cuka apel yang di dapat dari fermentasi buah apel diklaim mampu mengobati berbagai penyakit, diantaranya mengencerkan darah dan menurunkan tekanan darah.

12. Cokelat pekat
Pecinta cokelat pasti akan senang, karena  cokelat ini merupakan salah satu makanan sehat untuk darah tinggi kandungan flavonoid dalam cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan merangsang produksi nitrat oksida. Nitrat oksida membuat sinyal otot-otot sekitar pembuluh darah untuk lebih relaks, dan menyebabkan aliran darah meningkat.

13. Avokad
Asam oleat dalam avokad, dapat membantu mengurangi kolesterol. Selain itu, kandungan kalium dan asam folat, sangat penting untuk kesehatan jantung.

Minuman penderita hipertensi
Sedangkan jika Anda suka minum teh sebaiknya Anda mengkomsumsi tea hitam blesstea karena mampu mengatasi hipertensi. Bless tea merupakan salah satu teh hitam orthodox terbaik yang diproduksi oleh Indonesia yang mengandung katekin tinggi, murni tanpa tambahan apapun. Teh hitam blesstea juga menganfung berbagai vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin B1, B2, C, E, K Beta Caroten, Mangnesium, Mangan, Fluoride, Zinc, Selenium Calcium.

Kandungan epigallokatekingalat, epigallokatekin, epikatekingalat pada teh terbukti secara klinis mampu menekan penimbunan kolestrol pada pembulu darah arteri sebgai salah satu penyebab pada penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskuler seperti arteroslerosis (penelitian di Belanda) dan mengurangi resiko serangan jantung (penelitian di Amerika) serta menurunkan resiko kanker ovarium (penelitian di Australia).

Maka dari itu ada baiknya Anda yang mempunyai riwayat hipertensi untuk segera beralih kepola makan dan minuman yang sehat yakni dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk darah tinggi agar proses penyembuhanpun dapat segera teratasi. Sekian informasi yang diberikan oleh niotolovo tentang kupas tuntas makanan dan minuman penderita hipertensi semoga bermanfaat untuk Anda terkhusus buat admin pribadi, dan semoga kesehatan dan keselamatan selalau ada dalam diri kita. Amiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Makanan dan Minuman Penderita Hipertensi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...