Persiapan Keuangan Disaat Datang Masa Pensiun

Anda sudah bekerja disebuah instasi dan waktu anda suddah lama tentunya anda tidak selamanya akan bekerja ditempat anda sekarang ini ada yang disebut masa pensiun atau masa akhir bekerja. Admin mengatakan jangan terlena dengan waktu yang masih lama. Masa pensiun pasti akan datang. Itu sebabnya, siapkan dari sekarang agar hidup Anda tidak merana kelak. Mark Brownridge, seorang pengelola keuangan memberi tips berikut ini.

Langkah pertama Anda harus menginventarisir impian. Anda tentu punya impian ketika kelak Anda pensiun seperti memanjakan hobi dengan meningkatkan  handicap Anda di lapangan golf, ingin berkebun atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda. Apapun itu, Anda harus memasukkan ke dalam rencana pensiun Anda.

Setelah rencana semua tersusun, ayo hitung berapa pendapatan dan pengeluaran Anda saat pensiun. Tentu anggaran pendapatan maupun pengeluaran masih berupa perkiraan. Pemasukan dihitung selain uang pensiun juga penghasilan dari investasi Anda.

Pertimbangkan menata ulang investasi yang mungkin Anda miliki seperti saham, deposito, tabungan, properti dll. Penataan ulang ini penting karena investasi sebagai sumber uatama pendapatan, tantu selain uang pensiun setiap bulannya.

Biar persiapan pensiun Anda lebih tenang, tak ada salahnya jika Anda konsultasi dengan ahli keuangan agar langkah Anda tidak salah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapan Keuangan Disaat Datang Masa Pensiun"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...