Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

Jika anda salah satu orang yang doyan makan maka berhati-hatilah karena banyak hal yang dapa mengganggu kesehatan tubuh anda walaupun menekan nafsu makan yang berlebihan memang tidaklah sulit dan saya yakin anda pasti dapat mengurangi nafsu makan. Beberapa waktu yang lalu salah satu teman saya mengeluhkan tentang berat badannya yang naik drastis, setelah ngobrol panjang lebar akhirnya ketemu juga salah satu penyebabnya, yakni nafsu makan berlebih. Memang benar mempunyai nafsu makan itu baik untuk kesehatan kita, namun apabila nafsu makan itu sudah berlebih maka dapat menjadi salah satu masalah bagi kesehatan kita. Selain menaikkan berat badan, perilaku tersebut juga beresiko menaikan kolesterol, dan ini sangat tidak baik untuk kesehatan anda.

Nafsu makan berlebih juga menjadi salah satu musuh bagi seseorang yang lagi diet. Tidak jarang banyak sekali wanita gagal melakukan diet karena nafsu makan berlebih tersebut. Sebenarnya nafsu makan berlebih dapat dicegah dan dikurangi dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan cara alami. Cara ini sangat mudah dilakukan dan sangat efektif untuk mengurangi nafsu makan anda. Jadi bagi anda yang ingin diet atau menurunkan berat badan silahkan coba beberapa cara mengurangi nafsu makan yang akan saya share kali ini.

Langsung saja simak berikut ini beberapa tips kesehatan mengenai cara menekan nafsu makan berlebih secara alami.

1. Atur porsi makan
Mengatur porsi makan sangatlah penting, jika anda setiap harinya selalu makan dalam porsi banyak maka mulai sekarang kurangi porsi tersebut. Selain itu bagi anda yang makan di meja makan dengan berbagai hidangan sebaiknya anda memilih tempat lain yang tidak banyak hidangannya. Pasalnya saat piring anda mulai kosong pasti anda akan menyantap makanan lainnya.

2. Konsumsi air mineral
Cara ini cukup efektif untuk mengurangi nafsu makan. Anda dapat mengkonsumsi air setidaknya 1-2 gelas sebelum makan, hal ini akan membuat perut anda terasa kenyang sebelum porsi makan anda habis, otomatis nafsu makan anda akan berkurang. Tidak percaya ? silahkan dibuktikan sendiri ya.

3. Jangan telat makan
Anda pasti pernah mengalami masa lapar yang dahsyat, dan saat anda makan maka porsinya dalam jumlah besar dengan tujuan agar perut anda kenyang. Jelas sekali bahwa telat makan dapat membuat nafsu makan anda jadi tidak teratur, untuk itu pastikan anda tidak telat makan. Oya, telat makan juga dapat beresiko menimbulkan sakit maag, jadi hati-hati ya.

4. Konsumsi sayur dan buah
Anda juga dapat mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air serta serat sebelum makan. Kandungan air dalam buah akan memberikan efek kenyang sebelum anda menghabiskan porsi makan. Selain itu tentunya sayur dan buah tersebut mengandung vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan anda.

5. Makan perlahan
Bagi anda yang suka terburu-buru dalam menguyah makanan sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini. Makan cepat ini dapat membuat anda tidak sadar sudah seberapa banyak porsi yang anda makan. Selain itu juga tidak baik untuk pencernaan, jadi makanlah perlahan dan kunyah makanan sampai lembut agar makanan jadi halus dan mudah dicerna oleh tubuh. Dengan makan perlahan maka mulut anda juga akan merasa lelah dan malas untuk mengunyah lagi.

6. Sarapan
Saat anda sarapan pilihlah menu makanan yang mengandung protein tinggi dan kaya akan serat. Karena kandungan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga membuat anda tidak mudah lapar.

7. Komsumsi makanan yang mengandung lemak baik
Lemak baik dapat anda temukan dalam beberapa makanan seperti buah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun murni, dll. Para ahli mengatakan bahwa asam oleic atau lemak baik dapat memicu usus halus memproduksi oleoylethanolamide (merupakan zat yang dapat memberikan pesan ke otak bahwa perut sudah kenyang).

8. Kombinasikan makanan
Apabila anda terbiasa mengkonsumsi 1 jenis makanan, maka cobalah untuk mengkombinasikan beberapa makanan seperti karbohidrat, lemak sehat, sayur dan buah-buahan. Anda dapat mencari tahu lewat internet tentang kombinasi makanan apa saja yang dapat memberikan energi dan membuat anda kenyang dalam waktu lama.

9. Menyibukkan diri
Rasa lapar dan ingin ngemil pasti selalu muncul setiap anda sedang santai-santai, entah baca majalah atau nonton tv. Jadi sebaiknya anda menyibukkan diri dengan berbagai aktifitas yang dapat anda lakukan, dengan demikian rasa ingin ngemil dan makan jadi hilang.

10. Konsumsi makanan penunda lapar
Jika rasa lapar mulai datang ketika belum waktunya untuk makan, maka anda dapat mengkonsumsi makanan penunda lapar. Beberapa makanan yang dapat menunda lapar yakni seperti roti, biskuit, susu, pisang, teh manis, dll.

11. Makanan untuk menekan nafsu makan
Beberapa makanan yang dapat menekan nafsu makan anda yakni seperti alpukat, oatmeal, kopi, salad, air putih, apel, pisang, dll. Jadi jangan lewatkan salah satu makanan yang saya sebutkan tersebut untuk mengurangi nafsu makan anda.

Nah itulah beberapa tips cara mengurangi nafsu makan dan menekan nafsu makan yang dapat anda coba. Dengan cara diatas anda dapat terhindar dari yang namanya berat badan berlebih serta kolesterol tinggi. Jadi sangat baik untuk kesehatan anda, terutama bagi anda yang sedang menjalankan program diet sehat. Demikian tips cara mengurangi nafsu makan secara alami ini, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencobanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...