Bawang Putih dan Khasiat yang di Kandungnya

Bawang putih adalah salah satu bahan yang sangat peting dalam ruangan dapur anda selain buat penambah dalam masakan bawang putih juga ternyata memiliki khasiat yang belum banyak orang tahu dalam masalah kesehatan dan salah satunya yakni untuk mengatasi kerontokan rambut. Hal tersebut dikarenakan dalam bawang putih terdapat kandungan Allicin yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok.

Nah admin yakin pasti anda selama ini hanya mengenal bawang putih sebagai rempah yang digunakan dalam masakan saja. Namun tanpa anda sadari, setiap hari anda sudah mendapatkan berbagai manfaat bawang putih dari makanan yang mengandung bawang putih tersebut. Bagi anda yang mempunyai wajah berjerawat, anda juga dapat memanfaatkan bumbu dapur yang satu ini untuk menghilangkan jerawat tersebut. Pasalnya dalam bawang putih tersebut juga mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bawang putih yang harus anda ketahui, namun sebelum membahas lebih jauh mari simak informasi mengenai bumbu dapur yang satu ini terlebih dulu.

Manfaat Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu dasar yang digunakan dalam masakan Indonesia. Selain itu bawang putih juga merupakan nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Dalam keadaan mentah, bawang putih mengandung berbagai senyawa sulfur. Salah satu senyawa tersebut yakni bernama Alliin, senyawa inilah yang membuat bawang putih mentar mempunyai rasa angur dan getir. Namun sebenarnya zat tersebut tidaklah menimbulkan bau ketika masih keadaan utuh. Nah baru ketika bawang putih tersebut dihaluskan maupun dimemarkan akan teruari dan menimbulkan bau.

Meskipun jika dilihat dari bentuknya rempah ini kurang menarik, namun jika dilihat dari segi manfaatnya bumbu dapur yang satu ini pasti akan menarik perhatian, termasuk anda. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari bawang putih ini, hal tersebut dikarenakan begitu banyaknya kandungan dalam setiap 100 g nya. Berikut ini informasi kandungan bawang putih setiap 100 g nya.

Baiklah, bagi anda yang belum mengetahui manfaat bawang putih bagi kesehatan, berikut ini informasi beberapa khasiat dan manfaatnya.

1. Mengobati flu
Siapa sangka, ternyata bawang putih terdapat kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk sistem imun tubuh kita. Dengan mengkonsumsi bawang putih maupun makanan yang mengandung bawang putih setiap hari maka kita dapat mencegah penyakit flu, meskipun demikian bukan berarti anda tidak dapat terserang flu. Nah jika sudah terserang penyakit yang satu ini anda juga dapat menggunakan bawang putih sebagai obat alami. Caranya yakni dengan mengiris bawang putih kemudian masukkan kedalam segelas air panas, setelah beberapa menit kemudian saring dan konsumsi air tersebut, agar rasanya lebih nikmat anda dapat mecampurkannya dengan madu.

2. Mengobati penyakit kulit
Dalam bawang putih terkandung zat alami yang berfungsi sebagai anti-radang. Selain itu bawang putih juga mampu melawan bakteri sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi. Anda hanya cukup mengoleskan bawang putih pada area kulit yang mengalami luka tersebut.

3. Mampu mengontrol berat badan anda
Bagi anda para wanita yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas sebaiknya jangan melupakan bumbu masakan yang satu ini. Ternyata bawang putih juga dapat membantu menurunkan berat badan kita.

4. Mengatasi keracunan
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa salah satu kandungan dalam bawang putih yakni antioksidan. Selain dapat mencegah flu ternyata natioksidan ini juga bermanfaat untuk membantu mengusir racun dari dalam tubuh kita.

5. Mengobati sariawan
Bawang putih selain mempunyai sifat anti-radang juga mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan termasuk pada luka sariawan.

6. Menghilangkan jerawat
Jerawat diwajah ternyata juga dapat diatasi dengan bahan alami yang satu ini. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengiris bawang putih kemudian menggosokkannya pada bagian jerawat diwajah anda secara perlahan

7. Mengurangi resiko terserang kanker
Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota, Amerika Serikat. Dimana penelitian tersebut menyimpulkan bahwa wanita usia lanjut yang rutin mengkonsumsi bawang putih dapat memperkecil peluang terserang kanker, khususnya kanker lambung dan usus besar.

Itulah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan kita yang berhasil saya dapatkan dari berbagai sumber media online. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang akan anda dapatkan jika rutin mengkonsumsinya, namun untuk menambah wawasan anda seputar bawang putih saya rasa beberapa manfaat yang sudah saya sebutkan diatas sudah cukup. Demikian informasi kesehatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bawang Putih dan Khasiat yang di Kandungnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...