Gangguan Infeksi Superfisial Kulit Erisipelas

Erisipelas adalah infeksi superfisial kulit yang disebabkan oleh streptokokus. Hal ini mirip dengan gangguan kulit lain yang dikenal sebagai cellulitis, infeksi pada lapisan bawah kulit Anda.

Dalam prakteknya, hampir tidak mungkin bagi dokter untuk membedakan antara dua kondisi tersebut. Erisipelas paling sering terjadi di kaki tapi juga biasa menyerang pada wajah dan paling parah jika menyerang balita anda.

Penyebab
Bakteri streptokokus. Faktor resiko untuk terjadinya infeksi ini adalah trauma lokal (robekan kulit), luka terbuka di kulit atau gangguan pada pembuluh balik (vena) maupun pembuluh getal bening.

Gejala
Infeksi ini paling sering menyerang wajah, lengan atau tungkai. Kelainan yang timbul berupa ruam merah dan licin, kulit dibawahnya sangat merah, terasa nyeri, membengkak dan teraba hangat, disertai lepuhan-lepuhan kecil.

Kelenjar getah bening di sekitar daerah yang terinfeksi seringkali membesar dan terasa nyeri. Pada infeksi yang berat, bisa terjadi demam dan menggigil.

Diagnosa
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.

Pengobatan
Untuk infeksi ringan, digunakan penicillin atau erythromycin per-oral (melalui mulut) selama 2 minggu. Untuk infeksi berat, biasanya diberikan suntikan antibiotik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gangguan Infeksi Superfisial Kulit Erisipelas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...