Seputar Penyakit Psittacosis dan Penyebarannya

Psittacosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia psittaci. Ini adalah penyakit yang disebarkan oleh burung paruh bengkok (nuri dan kakatua) ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Penularannya bisa lewat kotoran burung yang kemudian terhirup oleh manusia.

Gejala yang ditimbulkan
Gejala yang paling umum pada manusia termasuk sakit kepala, demam, kelemahan, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, menggigil, sakit tenggorokan, batuk, dan sensitivitas terhadap cahaya. Gejala ini juga dapat terjadi sebagai flu berat atau ringan, terutama pada orang tua. Kondisi akan semakin parah bila penderita dalam kondisi stress dan makanan yang kekurangan gizi. .

Penyebaran psittacosis
Orang yang memiliki batuk terus-menerus harus diinstruksikan untuk melakukannya dengan menutup mulut saat batuk handuk kertas , yang harus dibuang dengan cara yang saniter .

Pengobatan psittacosis memberikan antibiotik tetrasiklin yang diberikan selama 10-14 hari setelah suhu kembali normal.

Pencegahan
Pengendalian penyakit pada populasi burung mengurangi risiko pada terinfeksi penyakit.  Pencegahan tergantung pada pengelolaan yang baik oleh lembaga atau tempat yang berkembang biak, tempat penjualan burung dan penggunaan pakaian pelindung, termasuk penggunaan masker atau respirator dan sarung tangan bagi anda yang bekerja pada kandang unggas. Unggas yang sakit harus didiagnosis dan diobati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Penyakit Psittacosis dan Penyebarannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...