Hal Wajib yang Mesti Diketahui untuk Kulit Cantikmu

Hal Wajib yang Mesti Diketahui untuk Kulit Cantikmu

INFOKECANTIKAN - Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan cantik? Semua wanita tentu menginginkannya. Namun tidak banyak wanita yang berhasil untuk mendapatkan apa yang mereka harapkan. Merawat kulit tidak semudah membeli kosmetik di toko kecantikan. Agar kulit terbebas dari segala macam permasalahan, seperti jerawat, bintik hitam, kusam, keriput, dan yang lain, kita butuh untuk mengusahakannya secara alamiah.


Artikel ini memberikan beberapa hal wajib yang mesti Anda ketahui untuk merawat kulit cantik Anda. Kedengarannya memang berat, tapi kalau Anda sudah tahu kunci utamanya maka Anda tidak akan kesulitan untuk menerapkannya dalam kehidupanmu. Berikut ini adalah 9 hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan demi mendapatkan kulit yang indah, cantik, dan juga sehat!

Hal-hal yang harus di lakukan agar kulit Anda tetap sehat dan tampak lebih indah:


Rutin eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi pada kulit adalah sesuatu yang penting dan wajib untuk Anda lakukan. Kulit akan selalu meregenerasi berganti dari kulit yang lama menjadi yang lebih baru dan bersih. Sel kulit lama dan telah mati itulah yang menyebabkan kulitmu tampak kusam dan nggak cerah.


Membersihkan sel kulit mati hanya menggunakan sabun saja tidak akan cukup mengatasi. Untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati, Anda harus melakukan eksfoliasi, yaitu dengan melakukan masker dan scrubbing secara rutin setidaknya satu kali seminggu.

Selalu gunakan krim pelembab di siang dan malam hari

Menjaga kelembaban adalah kunci utama untuk mencegah terjadinya kulit bersisik dan juga timbulnya keriput. Agar kulit Anda tidak mengalami dehidrasi, selalu gunakanlah krim pelembab di siang dan malam hari.

Krim pelembab di siang hari selain dapat menjaga kelembaban juga berfungsi untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit terhadap sinar UV, makeup, polusi dan lainnya. Sedangkan krim malam berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit selama Anda terlelap, sekaligus memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak.


Rutin berolahraga

Percaya atau tidak, keringat hasil olahraga memang dapat membuat Anda terlihat cantik! Olahraga dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh jadi lebih lancar, sehingga oksigen dan juga nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit dapat terdistribusikan dengan baik.

Selain itu, keringat yang keluar dari hasil olahraga akan membersihkan kulit Anda dari berbagai macam racun, kotoran, dan sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori kulit.

Berolahragalah secara rutin, setidaknya tiga kali seminggu. Tidak perlu yang berat-berat, olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat, senam atau yoga juga tidak masalah asalkan Anda tetap konsisten melakukannya.


Selalu membekali diri dengan tabir surya

Tabir surya sudah menjadi seperti malaikat pelindung bagi kulit Anda setiap kali Anda keluar ruangan. Bukannya berlebihan, tapi kulit Anda memang akan mudah sekali rusak dan sakit jika Anda membiarkannya begitu saja terpapar sinar UV dan radikal bebas lainnya.

Pastikan Anda memakai tabir surya minimal ber-SPF 30 setiap kali beraktivitas di luar rumah, baik cuaca sedang terik maupun mendung. Sinar UV dari matahari memang tidak terasa, tapi akumulasi dari sengatannya dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Melindungi kulit adalah salah satu tanda Anda menyayangi diri Anda sendiri.

Tidurlah minimal 8 jam sehari

Sama seperti Anda, kulit juga hidup dan perlu waktu untuk beristirahat. Tinggalkan kebiasaan yang suka begadang atau tidur terlalu larut malam. Kurang waktu tidur adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan kulit Anda jadi mudah kering, keriput, dan jerawatan. Jika pola tidur Anda terganggu, aktivitas kulit untuk meregenerasi juga jadi terganggu bahkan gagal.


Hal-hal yang mesti dihindari jika ingin kulit Anda sehat dan indah:


Jangan biasakan tidur dalam keadaan penuh makeup

Tidur cantik itu bukanlah tidur dalam keadaan memakai makeup. Justru ini adalah cara cepat untuk merusak wajah Anda, karena sudah dipastikan keesokan harinya wajah Anda bakal kedatangan jerawat. Kosmetik yang tebal akan menutup pori-pori kulit Anda, dan inilah yang akan menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, dan bahkan iritasi.

Sengantuk apa pun diri Anda selalu usahakan untuk sempat membersihkan wajah Anda dari makeup karena kulit juga butuh bernafas dengan bebas. Jika makeup remover Anda habis, Anda bisa memakai minyak zaitun untuk menghapusnya.

Kurangi konsumsi makanan mengandung banyak garam, minyak dan pedas

Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh tinggi terhadapt penampilan Anda. Jangan salah, makanan yang mengandung banyak garam dapat memicu timbulnya lingkaran hitam pada mata, sedangkan makanan yang berminyak dan pedas juga dapat memicu timbulnya jerawat.


Tetap perhatikan kandungan gizi pada makanan Anda. Konsumsilah makanan yang sudah jelas-jelas sehat bagi tubuh Anda, karena sudah pasti akan berdampak juga pada kesehatan kulit Anda.

Stop memenceti jerawat Anda

Memenceti jerawat adalah salah satu bentuk emosi sesaat yang pada akhirnya akan Anda sesali. Memenceti jerawat adalah kesalahan terbesar namun masih sering saja kita lakuin. Walaupun terkadang bisa bikin sedikit lega, tapi akhirnya bekas-bekasnya akan menghitam dan bikin kulit Anda jadi terlihat kotor.

Bijaklah dalam memperlakukan kulit Anda. Pakailah cara yang lebih aman dan juga alami untuk menghilangkan jerawat. Selalu ingatlah dampak dan juga akibatnya ya!


Jangan suka stres

Kulit Anda akan mengikuti mood yang sedang Anda rasakan. Saat Anda bahagia, kulit Anda pun akan terlihat lebih cerah dan bersinar. Begitu juga sebaliknya, saat Anda sedang stress dan bersedih, kulit Anda akan tampak lebih kusam, muram, dan tidak cerah.

Pikiran yang stress akan memicu produksi hormon kortisol lebih banyak lagi. Hormon inilah yang menyebabkan timbulnya banyak jerawat, selain itu wajah Anda akan jadi lebih berminyak dari biasanya.

Artikel yang mungkin Anda sukai:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Wajib yang Mesti Diketahui untuk Kulit Cantikmu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...