Pencangkokan Tanaman yang Benar dan Berhasil

Niotolovo - Ketika Anda mencoba buah dari pohonnya langsung dan Anda merasakan hal yang berbeda dari buah yang sama namun rasanya berbeda lebih manis dan lezat tentunya Anda berniat untuk membeli bibitnya buka? Sebetulnya solusi dari permasalahan tersebut bukanlah membeli bibit, namun cara menanam dengan mencangkok. Bagaimana metode penanaman tanaman tersebut?

Cangkok adalah metode mengembangbiakkan tanaman dengan memanfaatkan ranting tanaman. Kelebihan mengembangbiakkan tanaman dengan metode ini adalah didapatnya tanaman baru yang mempunyai sifat yang sama dengan induknya, sehingga bila nanti berbuah maka rasanya pun akan relatif sama dengan induknya. Namun metode cangkok ini mempunyai kelemahan yaitu akar yang kurang kuat dibandingkan tanaman indukan. Meskipun begitu, cangkok tetap menjadi metode yang baik untuk mendapatkan sifat dari indukan tanaman. Ada beberapa hal yang patut anda perhatikan dalam mencangkok tanaman, yaitu :

1. Memilih Ranting
Langkah pertama dalam mencangkok adalah menentukan ranting yang akan dicangkok. Pilihkah ranting yang sehat, lurus, diameter 5 – 10 cm, jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua.

2. Sayati Ranting
Berilah sayatan pada ranting yang akan dicangkok, sayati melingkar dipergelangan ranting yang akan dicangkok. Sayatan berguna untuk menandai bagian yang akan dikuliti. Sayatan kurang lebih 10 cm dari batang.

3. Kuliti Ranting
Kuliti ranting yang telah disayat melingkar sepanjang 5 cm. Anda dapat menggunakan pisau ataupun cutter. Juga bersihkan lendir kambium yang tersisa.

4. Bungkus Ranting
Bungkus ranting yang sudah dikuliti menggunakan tanah yang basah dan subur, usahakan semua sayatan terbungkus. Setelah diberi tanah tutuplah dengan plastik agar tanah tidak terlepas tanahnya, ikat plastik pembungkus tanahnya pada ranting. Sering-seringlah disiram agar tanahnya selalu basah.

5. Tanam
Setelah kurang lebih 3 bulan atau setelah keluar akar maka itu berarti sudah siap tanam. Potong pangkal ranting sebelum cangkokan dan hasil sangkok siap tanam.

Memang ada banyak keuntungan dan kerugian pada metode cangkok ini. Cepat berbuah dan mempunyai sifat yang hampir sama dengan indukan adalah salah satu kelebihannya, ini berarti rasa buahnya pun hampir sama dengan indukan. Itulah cara cangkok tanaman dengan benar, selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pencangkokan Tanaman yang Benar dan Berhasil"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...