Skuad Inti Nigeria untuk Piala Dunia Brazil 2014

Niotolovo - Nigeria adalah salah satu kekuatan terbesar Afrika dalam dua dekade ini. Utamanya sejak Piala Dunia Amerika Serikat 1994 di mana Tim Elang Super pertama kalinya lolos ke putaran final setelah sempat hampir tampil pada 1966. Nigeria menyita perhatian dunia manakala meraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 dengan berturut-turut mengempaskan Brazil dan Argentina yang jadi favorit.

Maka di gelaran Piala Dunia Prancis 1998 Nigeria diperhitungkan dunia, apalagi materi mentereng ketika itu sangat menjanjikan dengan deret nama kiper Rufai, lalu ada Sunday Oliseh, Finidi George, Daniel Amokachi, si nyentrik Taribo West, Jayjay Okocha, Viktor Ikpeba, Tijani Babangida, dan Celestine Babayaro. Yang paling sukses setelah itu tentu saja Nwanko Kanu.

Masuk era 2000 lebih lanjut, nama-nama besar masih menghiasi skuat semisal Obafemi Martins dan John Obi Mikel.

Namun belakangan sinar Nigeria meredup. Mereka sempat gagal lolos di Jerman 2006. Di Piala Afrika 2012 lalu pun mereka tak lolos. Penampilan di Afsel empat tahun lalu juga jauh dari predikat mengesankan. Beruntung, beberapa langkah mundur itu direspons positif oleh otoritas sepakbola Nigeria dengan pembinaan dan lecutan khusus yang akhirnya mengembalikan mereka ke level utama zona Afrika dengan juara di gelaran Piala Afrika 2013 lalu. Steven Kenshi yang jadi arsitek Super Eagles melakukan kebijakan radikal yang memangkas rata-rata usia pemain di timnas Nigeria.

Nama-nama besar memang tak banyak berseliweran kali ini, namun kita masih bisa menyaksikan tim ini dimotori oleh Obi Mikel, Ogenyi Onazi, dan talenta muda Victor Moses. Peluang untuk tim ini memamerkan kemampuan sebagai sarana mengangkat nilai jual mereka terbuka lebar, mengingat di Grup F hanya ada Argentina yang jadi momok menakutkan. Iran dan Bosnia Herzegovina nampaknya adalah lawan yang tak terlalu jauh berselisih kekuatannya.

Ini juara Afrika, Bung. Kekuatan tradisional pula untuk dunia dari Afrika selama ini. Mereka sedang panas-panasnya. Mari tebak akan sehebat apa jadinya Elang Super jilid dua ini? Mari menantikan aksi mereka.

Skuad Nigeria
Kiper: Vincent Enyeama (Lille/FRA), Austin Ejide (Hapoel Be’er Sheva/ISR), Chigozie Agbim (Gombe United), Daniel Akpeyi (Warri Wolves)

Belakang: Elderson Echiejile (Monaco/FRA), Efe Ambrose (Celtic FC/SCO), Godfrey Oboabona (Rizespor/TUR), Azubuike Egwuekwe (Warri Wolves), Kenneth Omeruo (Middlesbrough/ENG), Juwon Oshaniwa (Ashdod FC/ISR), Joseph Yobo (Norwich City/ENG), Kunle Odunlami (Sunshine Stars)

Tengah: Mikel Obi (Chelsea/ENG), Ogenyi Onazi (SS Lazio/ITA), Ramon Azeez (Almeria/SPA), Ejike Uzoenyi (Enugu Rangers), Gabriel Reuben (Beveren/BEL), Nosa Igiebor (Real Betis/SPA), Joel Obi (Parma/ITA), Michael Uchebo (Cercle Brugge/BEL), Sunday Mba (CA Bastia/FRA)

Depan: Ahmed Musa (CSKA Moscow/RUS), Shola Ameobi (Newcastle United/ENG), Victor Moses (Liverpool/ENG), Emmanuel Emenike (Fenerbahce/TUR), Obinna Nsofor (Chievo Verona/ITA), Peter Osaze Odemwingie (Stoke City/ENG), Babatunde Michael (Volyn/UKR), Nnamdi Oduamadi (Varese/ITA), Uche Nwofor (Heerenveen/NED).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Skuad Inti Nigeria untuk Piala Dunia Brazil 2014"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...