Stadion Jose Pinheiro Borda (Beira-Rio)

Niotolovo - Stadion Beira-Rio (Estádio Beira-Rio), atau secara resmi bernama Stadion José Pinheiro Borda (Estádio José Pinheiro Borda), adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Porto Alegre, Brasil. Stadion ini berfungsi sebagai markas dari klub SC Internacional. Stadion ini dinamai berdasarkan nama José Pinheiro Borda, seorang insinyur Portugis tua yang mengawasi pembangunan stadion ini selama bertahun-tahun. Sayangnya, ia meninggal sebelum sempat melihat stadion ini selesai. Stadion ini dijuluki Beira-Rio (secara harfiah berarti 'pinggir sungai') karena terletak di sepanjang pinggiran Sungai Guaíba.

Stadion Beira-Rio dibangun untuk menggantikan stadion Internacional sebelumnya, Stadion dos Eucaliptos.

Spesifikasi Stadion
Rumput: Bermuda Green (diimpor dari Amerika Serikat)
Tempat Duduk Box: 4, dengan 68 stan
Toilet: 39 (20 laki-laki/19 perempuan)
Kapasitas: 56.000
Rekor Jumlah Penonton: 106.554 (Tim All-Star Rio Grande do Sul 3 x 3 Tim nasional Brasil, 17 Juni 1972)

Sejarah
Pada tahun 1956, anggota dewan Ephraim Pinheiro Cabral menyajikan sebuah dokumen kepada pemerintah yang mencakup donasi bagian dari Sungai Guaíba, untuk direklamasi oleh SC Internacional.

Stadion Beira-Rio dibangun dengan bantuan dari para penggemar klub. Mereka berkontribusi dengan menyumbangkan batu bata, beton, dan besi.

Selama tahun 60-an, Stadion Beira-Rio secara ironis disebut "Bóia Cativa", karena tampaknya stadion ini tidak akan terselesaikan, terutama karena saat itu adalah waktu yang sulit bagi Internacional di lapangan.

Pertandingan pertama di stadion ini dimainkan pada tanggal 6 April 1969, saat Internacional mengalahkan klub Portugal, SL Benfica, dengan skor 2-1. Gol pertama di stadion ini sendiri dicetak oleh pemain Internacional, Claudiomiro.

Situasi Saat Ini
Beira-Rio adalah stadion terbesar di negara bagian Rio Grande do Sul dan juga Brasil Selatan. Baru-baru ini, lapangan stadion terpilih sebagai lapangan terbaik dalam sebuah pemilihan yang diikuti oleh kapten-kapten dari 20 tim yang berpartisipasi dalam Campeonato Brasileiro Série A. Kompleks Beira-Rio juga mencakup sebuah kapel, pusat acara, bar, toko dan tempat parkir untuk 3.000 mobil. Parque Gigante, yang dilengkapi kolam renang, gym, lapangan sepak bola dan lapangan tenis, terletak di sebelahnya.
Perbaikan dan Restorasi

Stadion Beira-Rio pada 2009
Stadion ini sedang menjalani restorasi dan pengembangan untuk mempersiapkan diri menjadi host pertandingan Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil. Internacional pun memiliki proyek restorasi dan perbaikan kompleks Beira-Rio yang dinamakan 'Gigante Para Sempre'. Stadion akan disesuaikan dengan standar internasional sehingga siap untuk menjadi tempat pertandingan nasional maupun internasional.

Parkir
Untuk kenyamanan masyarakat yang sering menyelenggarakan berbagai permainan, konser, toko, dan restoran di area kompleks, tempat parkir akan dibangun dengan ketinggian lebih rendah dari pohon. Hal ini akan mengurangi dampak terhadap lanskap taman. Di sisi lain kompleks, tempat parkir pun akan dibangun di bawah balkon.

Penambahan Lapangan
Lapangan tambahan, yang akan digunakan oleh tim profesional maupun junior, akan memiliki pengaturan baru dengan beberapa lapangan baru yang akan dibangun.

Bangku Penonton
Bangku penonton yang ada saat ini akan dibongkar dan bangku penonton yang baru akan dibuat lebih dekat ke lapangan. Selain itu, bagian bawah bangku pun akan dimodifikasi dan konstruksi kabin baru pun sudah dimulai.

Selanjutnya untuk Stadion Arena Pernambuco baca selengkapnya di sini!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Stadion Jose Pinheiro Borda (Beira-Rio)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...