Tanpa Memilih Musibah Pasti Mendatangimu

“Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan `innalillahi wainna ilaihi rajiun’” (QS. al-Baqarah: 155-156).

Sangat manusiawi bila merasa sedih tatkala menghadapi musibah.  Namun terkadang banyak di antara kita yang tak mampu mengontrol diri, sehingga putus asa, berandai-andai, dan  menyalahkan atau kecewa terhadap Allah.  Agar tidak sesat dalam menghadapi musibah, Islam mengajak untuk mengikuti tuntunannya.

Dalam Alquran disebutkan, semua yang berasal dari Allah, akan kembali kepadaNya.  Bila direnungi, sesungguhnya tak ada satupun makhluk di dunia ini yang tak berasal dari Allah.  Semuanya ciptaan Allah, sehingga semuanya milikNya.  Dengan demikian, sebenarnya semua yang ada pada kita, mulai dari anggota tubuh hingga anggota keluarga, adalah pinjaman dari Allah.  Tentunya, semua yang sifatnya pinjaman, harus dikembalikan kepada pemiliknya. Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allâh; barang siapa yang beriman kepada Allâh, niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allâh Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. at-Taghabun:11).

Lagipula, Allah berjanji akan menguji kita manusia dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan yang sebenar-benarnya (QS. Al-Anbiya’: 35).  Dengan demikian, musibah juga bisa difahami sebagai ujian dari Allah, sehingga perlu menghadapinya sesuai dengan tuntunanNya, yaitu bersabar.  Bersabar dalam menghadapi ketentuan Allah, akan berpahala, sebagaimana firmanNya, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (QS az-Zumar: 10).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanpa Memilih Musibah Pasti Mendatangimu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...