Seputar Gejala Pityriasis Rosea dan Antisipasinya

Pityriasis rosea adalah ruam yang tidak diketahui penyebabnya yang berlangsung sekitar enam minggu. Kondisi ini biasanya mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa antara usia 10 sampai 40 dan puncak pada kelompok usia 25 sampai 30. Peradangan kulit ini sangat sedikit wanita yang mengalaminya dan alasannya pun belum diketahui. Biasanya penderita mengalami setelah terinfeksi batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Biasanya muncul selama musim semi dan musim dingin.

Penyebab
Diduga penyebabnya adalah sejenis virus.

Gejala
Suatu serangan biasanya berlangsung selama 4-8 minggu. Biasanya pitiriasis rosea berawal sebagai suatu bercak tunggal dengan ukuran yang lebih besar, yang disebut herald patch atau mother patch. Beberapa hari kemudian akan muncul bercak lainnya yang lebih kecil. Bercak sekunder ini paling banyak ditemukan di batang tubuh, terutama di sepanjang tulang belakang.

Ruam memiliki batas yang tegas, bisa menyebar, kelainan kulitnya tampak seperti sisik yang tengahnya lepas tetapi pinggirannya menempel. Kulit tampak merah dan meradang, disertai gatal-gatal yang sifarnya ringan sampai berat. Daerah berbentuk bulat atau oval ini biasanya timbul di batang tubuh. Bisa timbul kelelahan, sakit kepala dan kadang rasa gatal yang sangat mengganggu.

Diagnosa
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

Pengobatan
Biasanya tanpa pengobatan, ruam akan menghilang dalam waktu 4-5 minggu, meskipun kadang bisa menetap sampai 2 bulan atau lebih. Sinar matahari buatan maupun sinar matahari alami bisa meredakan pitiriasis lebih cepat dan mengurangi rasa gatal. Krim yang mengandung mentol bisa mengurangi gatal. Meskipun jarang, bisa diberikan corticosteroid per-oral (melalui mulut) untuk gatal-gatal yang hebat. Untuk mengurangi gatal bisa diberikan antihistamin per-oral.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Gejala Pityriasis Rosea dan Antisipasinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...