Penyakit Kulit Kista Sebasea (Kista Keratinosa)

Kista sebasea (Kista Keratinosa) adalah kista non-kanker yang umum pada kulit. Kista adalah kelainan dalam tubuh yang mungkin mengandung kulit mati, ekskresi kulit dan bagian-bagian kulit lainnya. Kista sebasea sebagian besar ditemukan pada wajah, leher, atau dada. kista ini tumbuh perlahan-lahan dan tidak mengancam nyawa, tetapi anda akan merasa sakit jika benjolan ini menyentuh sesuatu.

Penyebab
Penyebabnya tidak diketahui. Kista sebasea seringkali berasal dari selubung akar rambut (folilek) yang membengkak. Cedera pada kulit juga bisa merangsang terbentuknya sebuah kista.

Gejala
Kista ini berukuran kecil dan bisa ditemukan di bagian tubuh manapun, tetapi paling sering muncul di kulit kepala, telinga, wajah, leher, punggung atau kantung zakar (skrotum). Kista ini teraba kenyal dan mudah digerakkan, biasanya tidak menimbulkan nyeri. Warnanya bisa kekuningan atau berwarna daging; jika pecah akan mengeluarkan bahan berminyak yang menyerupai keju. Kadang terjadi infeksi.

Diagnosa
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

Pengobatan
Kista sebasea biasanya dipecahkan dengan tusukan jarum atau sayatan pisau bedah dan isinya dikeluarkan. Jika terjadi infeksi, sebelum kista diangkat melalui pembedahan, terlebih dahulu diberikan antibiotik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Kulit Kista Sebasea (Kista Keratinosa)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...