Jin Mempelajari Al-Quran

Pertanyaan:
Assalamu alaikum Wr.Wb.
Manusia dilarang untuk bekerja sama dengan jin dalam bentuk apapun, atau sebaliknya. Kalau kita lihat dalam Al-quran, ada satu ayat yang menyebutkan Hai jamaah jin dan dan manusia, jika kamu mampu menembus langit, nah dalam hal ini jelas Al-quran bukan untuk manusia saja tapi juga untuk jin. Jadi kalau begitu bagaimana caraya bangsa jin mempelajari Al-quran yang diturunkan kepada manusia, sedangkan jin dan manusia dilarang bekerja sama. Terimakasih atas pendapat Saudara, Assalamu alaikum Wr.Wb.

Jawaban:
Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Jin memang satu diantara makhluq Allah SWT yang punya beban taklif seperti manusia. Dia wajib untuk beribadah kepada Allah SWT dengan syariat yang dibawa oleh Muhammad SAW.

Tentang siapa yang berkewajiban mengajarkan ilmu-ilmu keislaman, tentu saja tugas Nabi Muhammad SAW. Beliau pernah diriwayatkan `menghilang` karena harus mengajar kepada para jin muslim.

Sedangkan buat umatnya, tidak ada kewajiban untuk berdakwah di kalangan jin. Kewajiban dakwahnya hanya menjadi tugas para jin senior atau ulamanya para jin. Sebab diantara mereka juga ada yang berilmu agama seperti layaknya para ulama di kalangan manusia.

Ulama dari kalangan manusia tidak wajib bahkan tidak boleh secara khusus berdakwah di kalangan jin. Tapi kalau jin itu datang diam-diam menghadiri suatu majelis ilmu, tentu saja boleh hukumnya buat para jin. Tetapi kalau ulama dari kalangan manusia secara khusus memberi les privat tentang ilmu agama kepada jin dengan sebuah perjanjian tertentu, hal itu tidak dibenarkan. Berhubung keduanya berasal dari dua dimensi yang berbeda, meski sama-sama makhluq Allah juga.

Ada beberapa hal yang tentu tidak begitu saja bisa disamakan antara aturan ibadah para jin dan manusia. Misalnya, adakah para jin itu juga punya syariat shalat jama` qashar atau tidak? Sebab buat para jin, jarak itu sama sekali menjadi nisbi.

Yang lebih tahu urusan detail teknis urusan ajaran dan syariat buat para jin tentu saja para ulama jin sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jin Mempelajari Al-Quran"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...