Indahnya The Great Wall di Sumatera Barat

Anda tentunya tahu dengan The Great Wall yang ada di Negeri Cina yaitu salah satu dari keajaiban dunia. Semua orang pastinya selalu bermimpi untuk menginjakan kaki di tembok raksasa Cina ini tetapi sayang yang menjadi pikiran ialah masalah biaya untuk berlibur kesana karena letaknya diluar Indonesia. Nah sekarang impian anda dapat terlaksana, tidak perlu jauh-jauh hanya karena ingin melihat the Great of Wall karena di Negara kita ternyata juga mempunyainya walalupun memang tidak sama persis seperti di Cina, tetapi dijamin jika anda kesana menapakkan kaki maka akan serasa di Cina. Tempatnya terletak di Sumatra barat, tepatnya di Bukit Tinggi yang pada zaman dahulu disebut sebagai Fort de Kock atau juga disebut Paris Van Sumatra.

Hampir setiap daerah punya janjang sebagai jalan orang lalu sekaligus objek wisata. Sesuai dengan topografi Sumatera Barat yang berbukit-bukit. Untuk naik bukit itulah ditajak janjang sebagai jalan, yang kemudian berkembang permanen menjadi objek wisata.

Baru-baru ini, pemerintah Kabupaten Agam bersama Menteri Komunikasi dan Informatika juga membuka sebuah objek wisata yang mengadopsi dari salah satu Tujuh Keajaiban Dunia “Tembok Besar Cina” yaitu The Great Wall of Koto Gadang. Objek wisata ini semakin menambah objek wisata janjang atau dalam bahasa Indonesia yang berarti tangga di Sumatera Barat. Sebelumnya telah ada objek wisata Janjang Ampek Puluah yang menguhubungkan Pasar Atas dengan Pasar Bawah dan Janjang Saribu yang terletak di daerah Ngarai Sianok.

Satu-satunya Janjang Saribu yang sudah dipermak ini berada di kawasan Koto Gadang, Kabupaten Agam, yang terhubung dengan kawasan bawah Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi. Janjang yang diprakarsai dan didanai oleh Tifatul Sembiring ini diresmikan tanggal 26 Januari 2013 oleh Tifatul Sembiring sendiri saat menjabat sebagai Menkominfo.

Saat ini, sejumlah pekerja masih melakukan proses finishing tahap pertama. Janjang Saribu gaya baru ini memiliki lebar 2 meter. Pada sisi kiri dan kanan Janjang Saribu sepanjang 780 meter ini dibangun pagar beton setinggi 1 meter. Meski proses pengerjaan belum tuntas 100 persen, namun sejumlah warga telah menggunakan Janjang Saribu itu untuk aktivitas olahraga, rekreasi dan aktivitas lainnya.

Bagi orang yang terlatih men­da­ki, dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk sampai ke puncak. Namun bagi yang belum terlatih dan bagi orang yang jarang berolahraga, untuk sampai ke puncak mem­bu­tuhkan waktu 30 menit hingga lebih.

Meski saat ini dinamakan Janjang Saribu, namun jumlah anak tangga di Janjang Saribu ini ti­daklah berjumlah seribu, tapi hanya ratusan. Pemberian nama Janjang Saribu di Koto Gadang hanya karena banyaknya anak tangga yang hampir mencapai seribu.

Pembangunan Janjang Saribu ala Tembok China meru­pakan ide Menko­minfo Tifatul Sembiring, yang juga merupakan putra asli Kota Buki­ttinggi. Pembangunan ini tidak meng­gu­nakan dana APBD maupun APBN, tapi murni bantuan dari Tifatul Sembiring dan sejum­lah pengusaha di Jakarta yang telah bekerja keras mengumpulkan dana.

Ide yang dilontarkan Tifatul Sem­biring datang secara tak terdu­ga. Saat Tifatul bertemu Walikota Bu­kittinggi Ismet Amzis di Kota Bu­kittinggi, Tifatul diajak olahraga pagi melintasi Ngarai Sianok. Melihat keindahan Ngarai Sianok itu, secara spontan Tifatul mena­warkan pem­­ba­ngu­nan dan renovasi Ngarai Sia­nok, yang akan dibentuk seperti Tembok China.

Janji Tifatul yang akan mem­bangun dan merenovasi kawasan Ngarai Sianok membuat Ismet tak menyia-nyiakan kesempatan emas itu. Tak menunggu lama, penan­datangan kerja sama atau MoU antara Pemko Bukittinggi, Tifatul Sembiring dan Pemkab Agam akhir­nya dilakukan, karena kawa­san Ngarai berada diantara Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Proyek pembangunan tahap pertama dilakukan di kawasan Janjang Saribu Koto Gadang Agam, yang telah dimulai pada Juli 2012 lalu. Untuk Kota Bukittinggi dimulai dari kawasan Bukit Apit. Sedang­kan tahap kedua nantinya, Janjang Saribu akan dilengkapi dengan pintu gerbang yang megah beserta fasilitas lainnya. Dengan wajah baru Janjang Saribu ini, diharapkan wisatawan di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam terus meningkat tiap tahunnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indahnya The Great Wall di Sumatera Barat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...