Rasa Nyeri Pada Gigi

Merasa nyeri pada gigi biasanya disebut dengan sakit gigi dan penyebab paling umum orang merasa sakit pada giginya dikarenakan bagian giginya teriritasi, terinfeksi, mengalami kerusakan, fraktur, atau kehilangan gigi itulah semua penyebab umum dari sakit gigi. Nyeri juga dapat terjadi setelah ekstraksi (pencabutan gigi). Nyeri kadang-kadang berasal dari daerah lain dan menjalar ke rahang, sehingga muncul rasa nyeri/sakit gigi. Daerah yang paling umum termasuk sendi rahang (temporomandibular joint), sakit telinga, dan bahkan masalah jantung.

Bakteri tumbuh di dalam mulut Anda dapat berkontribusi pada penyakit gusi, plak, dan pembusukan gigi. Masalah-masalah ini bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat. Penyebab dan pencegahan penyakit gigi telah diselidiki dengan baik. Anda dapat mencegah sebagian besar masalah gigi melalui flossing, menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride, dan mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk memperoleh perawatan. Dokter gigi akan melakukan pembersihan, penambalan dan pemberian topikal fluorida, yang terutama sangat penting pada anak-anak.

Penyebab Sakit gigi
Sakit gigi terjadi dari peradangan dari bagian tengah yang disebut pulpa gigi. Pulpa mengandung ujung saraf yang sangat sensitif terhadap rasa sakit. Peradangan pada pulpa atau pulpitis bisa disebabkan oleh gigi berlubang, trauma, dan infeksi. Nyeri yang menjalar di rahang dapat merupakan gejala-gejala sakit gigi.

Gejala Sakit gigi
Sakit gigi dan nyeri pada rahang merupakan keluhan umum. Kadang timbul rasa sakit yang sangat karena gigi sensitif terhadap tekanan, atau rangsangan panas atau dingin. Rasa sakit dapat bertahan selama lebih dari 15 detik setelah rangsangan atau penyebab dihilangkan. Pada saat daerah yang mengalami peradangan meningkatkan, rasa nyeripun menjadi lebih parah. Ini mungkin menyebar ke pipi, telinga, atau rahang.

Segera mencari perawatan apabila tanda-tanda atau gejala-gejala seperti dibawah ini telah muncul :
1. Timbul rasa nyeri saat mengunyah
2. Sensitif terhadap panas atau dingin
3. Perdarahan atau keluarnya cairan dari sekitar gigi atau gusi
4. Pembengkakan di sekitar gigi atau pembengkakan rahang anda
5. Fraktur atau trauma pada gigi
6. Pembusukan gigi. Jika Anda menekan sebuah gigi yang terinfeksi, hal itu mungkin membuat rasa sakit lebih intens. Tanda ini dapat menunjukkan gigi bermasalah bahkan jika gigi tampak normal.
7. Sakit gigi perlu dibedakan dari sumber rasa sakit yang lain di wajah. Sinusitis, nyeri telinga atau tenggorokan, atau cedera pada sendi temporomandibular (TMJ) yang melekat rahang pada tengkorak mungkin susah di bedakan dengan sakit gigi. Nyeri dari struktur yang lebih dalam (disebut referred pain) dapat dilewatkan sepanjang saraf dan dirasakan pada rahang atau gigi. Dalam rangka untuk menentukan sumber rasa sakit dan mendapatkan bantuan, hubungi dokter gigi Anda atau dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rasa Nyeri Pada Gigi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...